PUSKESMAS SIKUMANA GELAR RAKOR LINTAS SEKTOR Featured

Ditulis Oleh Atop | Sabtu, 08 Februari 2020 15:33 | Dibaca : 49 Kali | Terakhir Diperbaharui : Sabtu, 08 Februari 2020 15:45
Foto Kegiatan Rakor Lintas Sektor Foto Kegiatan Rakor Lintas Sektor Dokumentasi Puskesmas Sikumana

Puskesmas Sikumana telah menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral Sekecamatan Maulafa pada senin 03 februari 2020.


Rakor tersebut dipimpin oleh Sekretaris Camat Maulafa Nobertus Noto dan didampingi oleh Kepala Puskesmas Sikumana dr. Maria V. Ivonny D. Ray, M.Kes. Kegiatan ini bertujuan untuk membahas terkait meningkatnya kasus Demam Berdarah di Kecamatan Maulafa khususnya wilayah kerja puskesmas sikumana.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi terkait penyebab, gejala serta penanganan dan pencegahan demam berdarah oleh Kepala Puskesmas Sikumana dr. Maria V. Ivonny D. Ray, M.Kes “Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Kupang, jumlah kasus Demam Berdarah di Kota Kupang per 1 februari mencapai 106 kasus. Kecamatan maulafa sendiri terdapat 39 kasus di antaranya Kelurahan Sikumana : 14 kasus, Kelurahan Naikolan :  6 Kasus, Kelurahan Oepura 7 Kasus, Kelurahan Kolhua : 7 Kasus , kelurahan belo 4 kasus dan Kelurahan Fatukoa 1 kasus sehingga Kecamatan Maulafa memiliki presentasi 37 % kasus demam berdarah tertinggi di kota kupang.” sebut dr. Ivon.

Kegiatan ini dihadiri oleh parah Lurah sekecamatan Maulafa yaitu Lurah Kolhua, Lurah Naikolan, Lurah Oepura, Lurah Sikumana, Lurah Penfui, Lurah Naimata, Lurah Fatukoa dan Lurah Belo. Kegiatan ini diharapkan agar masalah Demam Berdarah dapat ditangani tidak hanya oleh pihak puskesmas tetapi juga menjadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat.

dr. Ivon Menegaskan bahwa pencegahan dari kasus demam berdarah adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tidak kotor, perlu dilakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) oleh masyarakat, foging dan pembagian abate ke setiap rumah tangga serta berlaku CERDIK. Hasil dari kegiatan ini diperoleh kesepakatan bersama yaitu perintah agar para lurah segera mengadakan rapat dengan RT serta membuat jadwal kerja bakti, abate akan didistribusikan ke tiap-tiap RT agar masyarakat dapat dengan mudah mengambil abate, adanya advokasi untuk pengangkutan sampah ke tiap-tiap kelurahan dengan bekerja sama dengan pihak dinas kebersihan kota kupang. Diharapkan agar hasil dari rakor ini dapat menurunkan angka demam berdarah di kecamatan maulafa khusunya di Wilayah Kerja Puskesmas Sikumana. Alma.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.