SCREENING FAKTOR RESIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DI TEMPAT TEMPAT UMUM Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 04:31 | Dibaca : 369 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 27 Juli 2018 06:30
SCREENING FAKTOR RESIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DI TEMPAT TEMPAT UMUM

Masalah Kesehatan yang dihadapi saat ini sangat kompleks mulai dari tingginya angka kematian Ibu dan Bayi, Insiden rate Penyakit Menular seperti TB, HIV hingga penyakit-penyakit degeneratif yang semakin tinggi Prevalensinya. Bahkan Riskesdas 2013 mencatat bahwa penyumbang Kematian terbesar di Indonesia adalah Penyakit Jantung sebesar 12,9% dan Stroke sebesar 12,1%.


Statistik ini merupakan suatu fenomena umum yang terjadi diwilayah perkotaan dan pedesaan. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa pemicu utama adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti asupan gizi yang tidak seimbang, kurangnya aktifitas fisik dan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Untuk menanggulangi meningkatnya penyakit penyakit tersebut maka perlu dilakukan upaya untuk menekan faktor-faktor resiko  yaitu dengan melakukan Pemantauan dan monitoring faktor resiko perilaku dan pemeriksaan Faktor resiko lain. Dengan demikian dapat dilakukan tindakan pencegahan secara benar dan efektif  sejak dini.

Dalam Profil Puskesmas Sikumana tahun 2016 diketahui bahwa jumlah penduduk yang berusia >18 tahun yang menderita hipertensi adalah 3463 orang. Angka ini diperoleh dari jumlah penduduk yang datang berkunjung ke puskesmas/Pustu. Angka ini akan bertambah banyak jika lebih banyak lagi penduduk yang peduli akan kesehatannya dan mengontrol tekanan darahnya di Puskesmas. Sangat miris, terutama karena Hipertensi merupakan pemicu penyakit Jantung dan Stroke.

 Oleh Karena itu Puskesmas Sikumana sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat mengidentifikasi dan menganalisa peluang-peluang inovatif untuk menekan tingginya FR PTM. Salah satu peluang inovatif yang sangat penting untuk dilaksanakan adalah Screening Faktor Resiko di Tempat –tempat umum. Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui faktor resiko PTM dan juga mendapatkan informasi yang tepat sesuai dengan masalah atau faktor Resiko yang ada.

Pelaksanaan screening dilaksanakan di dua tempat yaitu :

  1. Pelataran BRI Unit Oepura pada hari Jumat 20 April 2018 dari jam 09.00 -11.00 dengan jumlah peserta 35 orang dan rincian Petugas :

           Pendaftaran oleh Ibu Maria Lusia Ngaga, Pengukuran Antopometri oleh F.X.Emansipura, Pengukuran tekanan darah oleh Ferni Nirma, Pemeriksaan Laboratorium oleh Kondradus Joko, Konseling Gizi oleh Riris Damanik dan                           Konseling Penyakit oleh dr. Linarto Lasmono    

  1. Pelataran Pegadaian Kupang tanggal 4 Mei 2018 jam 09.00 -11.00 dengan jumlah peserta 38 orang dan rincian petugas Pendaftaran oleh Ibu Yarina Moha,Pengukuran Antopometri oleh F.X.Emansipura, Pengukuran tekanan darah oleh Altje Ledoh, Pemeriksaan Laboratorium oleh Kondradus Joko, Konseling Gizi oleh Riris Damanik, Konseling Penyakit oleh dr. Linarto Lasmono

Kegiatan- kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik karena adanya dukungan dari Pihak BRI dan Pegadaian berupa Ijin, Meja kursi, tenda, ATK, Konsumsi dan juga membantu menyebarluaskan informasi  bagi Masyarakat. Menyadari banyaknya manfaat dari kegiatan ini maka diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin setiap bulan denga dukungan logistik dari pihak-pihak terkait.(LB)

Regina Elesley Boru, SKM

Admin Website, Sanitarian di Puskesmas Sikumana sejak tahun 2004 hingga sekarang.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.