PUSKESMAS SIKUMANA MENUJU AKREDITASI Featured

Ditulis Oleh | Jumat, 27 Juli 2018 13:02 | Dibaca : 394 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 27 Juli 2018 13:25
Petugas Piket dan Loket Pendaftaran Siap Melayani Pengunjung / Pasien Petugas Piket dan Loket Pendaftaran Siap Melayani Pengunjung / Pasien

Puskesmas Sikumana sebagai fasilitas pelayanan kesehatan terus berupaya memperbaiki kualitas pelayanan sebagai upaya menuju akreditasi Puskesmas. Akreditasi merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.


Salah satu yang dilakukan adalah tanggap terhadap keluhan pasien terkait kenyamanan dalam pelayanan rawat jalan. Beberapa keluhan pasien yang telah puskesmas tanggapi adalah terbatasnya kursi tunggu pasien, masih banyaknya pasien yang berdiri selama antrian yang lama dan kurang tersedianya informasi tentang alur pelayanan. Selain itu pengunjung juga mengeluhkan kurang tersedinya fasilitas untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan selama mendapatkan pelayanan di Puskesmas Sikumana.

Kenyamanan Pelayanan di Loket PendaftaranKepala UPT. Puskesmas Sikumana, dr. Evalina Corebima bersama Tim Mutu Puskesmas dan seluruh staf sigap menanggapi keluhan di atas dengan menata ulang ruangan-ruangan pelayanan dan memperbaiki sistem pelayanan. Loket pendaftaran yang sebelumnya terdapat pembatas antara petugas loket dan pasien sehingga membatasi komunikasi dan beresiko terhadap keselamatan (pembatas terbuat dari kaca), kini berganti dengan meja pendaftaran yang memungkinkan pasien bebas berinteaksi dengan petugas. Ruangan pelayanan ditata sedemikian rupa sehingga pasien mendapat pelayanan yang lebih efisien. Kondisi ini juga memungkinkan ruang gerak petugas kesehatan dan pengunjung/pasien menjadi lebih nyaman.Penambahan Kursi dan Tenda

Untuk memberi kenyamanan antrian, Puskesmas Sikumana telah menambah jumlah kursi tunggu  dan tenda yang cukup luas sehingga pengunjung terlindung dari panas dan hujan. Puskesmas Sikumana juga memperbaiki mekanisme pendaftaran sehingga pasien tidak lagi menunggu lama di loket pendaftaran. Upaya untuk memudahkan pasien mendapatkan berbagai informasi pelayanan, Puskesmas Sikumana menyiapkan petugas piket yang berperan selayaknya Customer Service. Pengunjung akan dibantu sejak awal melakukan pendaftaran dan melayani berbagai pertanyaan atau memberikan informasi terkait alur pelayanan dan atau ruangan pelayanan.

Pengunjung Puskesmas SikumanaUPT. Puskesmas Sikumana dengan Motto: “ANDA SEHAT TUJUAN KAMI, ANDA PUAS KEBANGGAAN KAMI” dalam spirit “BERSAMA, BERUBAH, BERSEMANGAT, BERPARIPURNA”, terus berupaya memberi kepuasan pelayanan kepada pengunjung/pasien. (Ummu Zakiah.M.Keb)

Adrianus Topu

Admin Website. TIM SIK Puskesmas Sikumana. Perawat di Puskesmas Sikumana sejak Tahun 2006.

pusksmn.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.