Meningkatkan capaian program dengan dukungan lintas sektor

Ditulis Oleh | Sabtu, 30 November 2019 17:12 | Dibaca : 127 Kali
Meningkatkan capaian program dengan dukungan lintas sektor

Pada hari ini, Sabtu 30 November 2019 di Aula Kantor Kecamatn Maulafa diselenggarakan Minilokakrya Puskesmas Sikumana yang dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Maulafa Bapak Nobertus Noto, SH


“Hendaknya kegiatan minilokakarya lintas sektor bukan hanya merupakan  suatu kegiatan rutin atau formalitas saja tetapi harus membawa dampak bagi peningkatan kesehatan masyarakat karena itu setiap rencana tindak lanjut yang dibahas dan disepakati harus dilaksanakan dengan sungguh- sungguh.oleh semua pihak” demikan arahan Bapak Sekretaris Kecamatan Maulafa.

Sesuai dengan agenda kegiatan maka Puskesmas wajib memaparkan hasil capaian pelayanan dan masalah-masalah yang dihadapi sehingga dapat dibahas pemecahan masalah oleh lintas sektor yang hadir. Masalah tersebut antara lain

  1. Tidak ada posyandu mandiri
  2. Cakupan peserta KB aktif yang masih rendah
  3. Nilai IKS yang rendah
  4. Angka Bebas Jentik (ABJ ) yang sangat rendah

Peserta yang diundang adalah Lurah, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan, Kader, Badan Penyantun Puskesmas, Ketua LPM, Karang Taruna, Keua Kelurahan Siaga, Babinsa, Babinkamtibmas, Pengelola UKS dari beberapa  dan juga Tokoh Masyarakat serta Undangan dari Dinas Kesehatan Kota Kupang.

Hasil diskusi dari peserta dituangkan dalam rencana tindak lanjut yang akan dibacakan oleh wakil dari setiap kelurahan. Komintmen ini akan ditandatangani dan dikirim ke setiap Kelurahan sehingga dapat kelanjutan pelaksanaan RTL ini selanjutnya. ada beberapa komitmen yang disepakati pada kesempatan ini Komitmen untuk mengupayakan gedung Posyandu sehingga dapat meningkatkan stratifikasi Posyandu menjadi mandiri dan memfasilitasi  waktu dan tempat untuk pemberian informasi kepada masyarakat baik tentang KB, bahaya merokok, PTM dan DBD terutama program 3M dan satu rumah satu Jumantik secara rutin .

Kabid Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Kupang juga menjelaskan tentang manfaat Pemantauan tumbuh kembang Balita setiap bulan di Posyandu dan upaya – upaya pencegahan Stunting. Hal ini didukung oleh Danramil 11 Alak yang mewajibkan anggotanya untuk membantu pelaksanaan Posyandu dalam memotivasi masyarakat. Diakhir pertemuan ini dr. Evalina Corebima selaku Kepala Puskesmas Sikumana mengajak semua peserta untuk memotivasi ibu hamil untuk periksa kehamilan secara rutin dan melakukan persalinanan di Fasilitas kesehatan yang memadai sehingga tidak terjadi lagi kematian Ibu dan anak.

Regina Elesley Boru, SKM

Admin Website, Sanitarian di Puskesmas Sikumana sejak tahun 2004 hingga sekarang.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.