PELATIHAN SIKDA GENERIK Featured

Ditulis Oleh | Rabu, 11 Desember 2019 04:49 | Dibaca : 352 Kali | Terakhir Diperbaharui : Rabu, 11 Desember 2019 05:16
Foto Pelatihan SIKDA Generik Foto Pelatihan SIKDA Generik

Aplikasi SIKDA (Sistem Informasi Kesehatan Daerah) Generik adalah aplikasi sistem informasi kesehatan daerah yang berlaku secara nasional yang menghubungkan secara online


dan terintegrasi seluruh puskesmas, rumah sakit, dan sarana kesehatan lainnya, baik itu milik pemerintah maupun swasta, dinas kesehatan kabupaten/kota, dinas kesehatan provinsi, dan Kementerian Kesehatan. Aplikasi SIKDA Generik dikembangkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data dan informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi komunikasi.

Peserta Pelatihan SIKDA Generik UPT. Pukesmas SikumanaSIKDA Generik merupakan Sistem Informasi Kesehatan Daerah yang dirancang untuk dapat memenuhi berbagai persyaratan minimum yang dibutuhkan dalam pengelolaan informasi kesehatan daerah, dari proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan, sampai dengan diseminasi informasi kesehatan. SIKDA Generik dirancang untuk menjadi standar bagi pemerintah daerah dalam pengelolaan informasi kesehatan di wilayahnya. SIKDA Generik hadir melalui proses inventarisasi berbagai SIKDA elektronik yang saat ini berjalan dan digunakan di daerah, memilih yang terbaik, kemudian dianalisis sehingga dihasilkan satu set deskripsi kebutuhan SIKDA Generik, yang mewakili kebutuhan seluruh komponen dalam sistem kesehatan Indonesia dan disesuaikan dengan standar yang diatur dalam Pedoman Nasional SIK. Langkah selanjutnya dari pengembangan SIKDA Generik ini adalah mendistribusikan aplikasi SIKDA Generik kepada pemerintah daerah yang belum memiliki/menggunakan.

UPT. Puskesmas Sikumana merupakan salah satu dari 11 puskesmas yang ada di Kota Kupang yang berkesempatan mengikuti kegiatan tersebut. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Kupang yang bekerjasama dengan Pusdatin Kementerian Kesehatan RI pada tanggal 4-7 Desember 2019. Dalam sambutannya saat pembukaan kegiatan tersebut, drg. Retnowati, M. Kes., mengingatkan pihak puskesmas untuk selalu siap menghadapi perkembangan teknologi. Ia juga mengharapkan, di tahun-tahun yang akan datang, dapat dikembangkan dengan aplikasi-aplikasi pelayanan kesehatan lainnya untuk dapat mempercepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Kupang.

Aplikasi SIKDA Generik ini diharapkan dapat menyediakan data dan informasi kesehatan yang cepat, tepat dan akurat, sehingga dapat mempercepat informasi dan komunikasi dalam pengambilan keputusan/kebijakan dalam bidang kesehatan. Oleh karena itu, semua pengelola SIK di UPT. Puskesmas Sikumana harus siap untuk menggunakan sistem SIKDA Generik pada waktu yang telah ditetapkan sehingga mampu meningkatkan pelayanan, ketersediaan/kualitas data, dan informasi manajemen kesehatan di puskesmas. (Fitop)

Adrianus Topu

Admin Website. TIM SIK Puskesmas Sikumana. Perawat di Puskesmas Sikumana sejak Tahun 2006.

pusksmn.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.